HIDUP ADALAH PILIHAN....!!!!! Wajik Kletik Bu Prayitno ~ TAUFAN_syndRome87

Sabtu, 08 November 2014

Wajik Kletik Bu Prayitno

Berkunjung ke sebuah kota, kurang lengkap rasanya jika kita tidak mencoba dan membawa oleh – oleh khas kota tersebut, begitu juga saat berkunjung ke kota Blitar. Tidak ada salahnya kalau kita berkunjung ke kawasan Kebon Rojo atau Kebun Rakyat kota Blitar, tepatnya di jalan Sultan Agung, Gg. 1 No. 24. Karena disinilah Wajik Kletik Bu Prayitno dibuat dan cukup terkenal dan khas untuk dijadikan oleh – oleh. 
Wajik Kletik ini terbuat dari kelapa, gula kelapa, beras ketan dan untuk mengemasnya digunakan kulit jagung yang telah dibersihkan. Agar tidak mudah basi dan higienis, kulit jagung ini disetrika terlebih dahulu dan dikemas dalam rentengan sejumlah 5 buah. Sedangkan untuk membuat rentengannya menggunakan mesin jahit.
Selain wajik kletik, ada juga wajik nanas, madu mongso dan jenang ketan. Madu mongso terbuat dari tape ketan dan proses pembuatannya lebih lama dari pada wajik kletik. Karena ketannya harus difermentasi terlebih dahulu sebelum diolah menjadi madu mongso. Sedangkan jenang ketan ini lebih mirip dengan dodol. Dalam sehari, Bu Prayitno bisa menghabiskan sekitar 25 kg gula kelapa untuk membuat seluruh jenis makanan ini. Tempat ini mulai melayani pembelinya sejak pukul 6 pagi hingga pukul 6 malam.

0 komentar:

Posting Komentar